Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

Mentan: Buah dan Sayur tak Membawa Virus Korona

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 12 Februari 2020 18:40
Pasuruan: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin buah dan sayur impor asal Tiongkok, tak membawa Covid-19 atauvirus korona.Pemerintah, kata dia, hanya menghentikan impor hewan hidup dari Tiongkok lantaran telah teridentifikasi sebagai medium penyebaran virus.
 
"Kita melakukan biosecurity secara ketat terhadap hewan, yang lain tidak. Produk hortikultura (tanaman) tidak," kata Syahrul, di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Menurut Syahrul, keran impor dari Tiongkok untuk produk pertanian masih terbuka. Komoditas tanaman seperti buah dan sayur aman dari penularan virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang mungkin membawa itu hanyalah hewan. Khususnya hewan pengerat. Jadi kita tidak perlu khawatir berlebihan," jelasnya.
 
Ia menambahkan Pemerintah Indonesia sementara ini bisa mengalihkan kegiatan ekspor-impor dari Tiongkok menuju negara-negara lain seperti Eropa.
 
"Kalau tidak bisa ke Tionglok kan bisa ke negara lain. Selain terlindungi Indonesia bisa masuk pasar ekspor Eropa juga menguntungkan. Tapi butuh upaya bersama," pungkasnya.
 


 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif