Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Penghina Risma Masih Ditahan

Nasional pencemaran nama baik
Amaluddin • 12 Februari 2020 16:55
Surabaya: Polisi telah melakukan gelar perkara terhadap tersangka Zikria Dzatil, penghina Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Zikria sampai saat ini masih menjalani penahanan di Mapolrestabes Surabaya, meski laporan yang menjeratnya telah dicabut.
 
"Hasilnya tentunya kembali lagi kepada otoritas kewenangan penyidik. Nanti kita tunggu hasil yang sudah kita tentukan di hasil gelar perkara, itu kan ada beberapa rekomendasi dan lain-lain. Nanti itu otoritas kita kembalikan kepada penyidik Polrestabes Surabaya," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Surabaya, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Truno mengatakan ada dua hal yang dibahas dalam gelar perkara tersebut. Yakni masalah penghinaan dan undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Namun Truno tidak menjelaskan detail, apakah kasus dengan tersangka Zikria tetap lanjut atau dihentikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zikria Dzatil hampir seminggu mendekam di tahanan Mapolrestabes Surabaya. Sebelumnya warga asal Perumahan Mutiara Bogor Raya Blok E6/24, Kelurahan Katulampa, Kota Bogor itu dijemput tim Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya dari rumahnya.
 
Dalam perkara ini, Zikria dijerat Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 45 ayat (3) Jo Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) . Adapun ancaman kedua pasal ITE itu masing-masing hukumannya adalah 6 tahun dan 4 tahun penjara. Tersangka juga dijerat Pasal 310 KUHP ayat (1) dan (2) tentang pencemaran nama baik. Ancamannya yakni penjara 1 tahun 4 bulan atau 9 bulan penjara.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif