NEWSTICKER
Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Periuk, Kota Tangerang, terendam hingga 3,5 meter. Foto: medcom.id/Hendrik S
Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Periuk, Kota Tangerang, terendam hingga 3,5 meter. Foto: medcom.id/Hendrik S

Banjir 3,5 Meter Rendam Perumahan Total Persada Tangerang

Nasional bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 04 Februari 2020 15:55
Tangerang: Luapan Kali Ledug membuat ratusan rumah di Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten, terendam hingga 3,5 meter. Banjir akibat tanggul kali Ledug jebol dan meluap ke perumahan.
 
"Ini karena ada tanggul atau tembok yang jebol di ujung perumahan, jadinya luapan air enggak bisa ketampung lagi dan langsung membanjiri perumahan," ujar seorang warga Total Persada, Imron, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Imron menjelaskan tanggul jebol diperkirakan terjadi pada Senin, 3 Februari 2020, sekitar pukul 15.00 WIB. Ia menambahkan air semakin tinggi merendam rumah warga hingga hari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau warga yang rumahnya enggak dua lantai, sudah mengungsi dari kemarin sore. Kalau yang lantai dua, mulai mengungsi dari tengah malam," katanya.
 
Sementara, Rasyid Juliandra warga Perumahan Total Persada lainnya menuturkan, rumahnya hanya berjarak kurang lebih 60 meter dari tanggul Kali Ledug. Banjir merendam dengan ketinggian tiga meter.
 
"Tadi sampai jam 24.00 WIB, sebenarnya saya masih bertahan enggak mau mengungsi, tapi listrik dimatiin, langsung saya ajak istri dan anak mengungsi ke tempat pengungsian di GOR," jelas Rasyid.
 
Rasyid menuturkan banjir telah masuk ke lantai dua rumahnya. Dia berencana segera kembali ke rumah untuk menyelamatkan barang-barang.
 
"Di lantai dua sih enggak dalam, hanya setelapak kaki," katanya.
 
Rasyid mengatakan ada 13 RT di dua RW di perumahan tersebut yang terendam banjir. Yakni RT 05, 07, 08, 09 dan 10 di RW 007. Lalu RT 01, 03, 04, 05, 06, 07, 08 di RW 008.
 
"Yang mengungsi sudah pasti ribuan orang, belum lagi anak-anaknya. Makanya ke bagi dua tempat pengungsiannya, satu tempat di GOR dan Masjid Al Muhajirin," jelasnya.
 
Tanggul jebol merendam Perumahan Periuk Damai, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Sebanyak 279 kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 1.116 terdampak.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif