NEWSTICKER
Penyerahan dana hibah untuk pengamanan Pilwakot Solo 2020. Medcom.id-Triawati Prihatsari
Penyerahan dana hibah untuk pengamanan Pilwakot Solo 2020. Medcom.id-Triawati Prihatsari

Pemkot Solo Hibahkan Rp4 Miliar untuk Pengamanan Pilwakot

Nasional pilkada serentak
Triawati Prihatsari • 18 Maret 2020 03:00
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menghibahkan dana sebesar Rp4 miliar kepada Polresta Solo untuk pengamanan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020. Pemkot Solo berharap pesta demokrasi daerah lima tahunan itu berjalan aman dan kondusif.
 
Penyerahan dana hibah ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Penandatanganan NPHD diteken Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Solo, Yosca Herman Soedradjad dan Kapolresta Solo Kombes Andy Rifai dan disaksikan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.
 
"Kita ciptakan pesta demokrasi yang adil dan aman. Polresta sebagai penanggung jawab keamanan, bersama TNI, KPU, Bawaslu semoga bisa berkolaborasi agar Surakarta selalu aman nyaman dan layak untuk dihuni," kata Hadi, di Solo, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pilwakot Solo digelar tanggal 23 September 2020 mendatang. Selain Solo, Pilkada serentak diikuti 270 daerah dari sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota di Indonesia.
 
"Khusus untuk Jawa Tengah ada 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak, termasuk Solo. Dan karena Solo ini spesial, jadi harus benar-benar dipastikan berjalan aman," ucap Hadi.
 
Sementara itu, Ketua Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Nurul Sutarti menyebutkan, sebagain besar tahapan Pilwakot Solo 2020 berjalan sesuai jadwal meskipun Kota Solo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) korona. Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang seharusnya dilaksanakan tanggal 22 Maret 2020 diundur.
 
"Pelantikan PPS dilakukan setelah status KLB korona dicabut. Kemungkinan setelah tanggal 30 Maret 2020, kami masih akan pleno dulu dan koordinasi dengan Provinsi," tegas Nurul.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif