Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Vaksinasi Covid-19 di Cirebon akan Dilakukan Januari 2021

Nasional vaksin vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Media Indonesia.com • 13 November 2020 14:43
Cirebon: Vaksin covid-19 akan diberikan ke warga Cirebon, Jawa Barat, mulai Januari 2021. Para tenaga kesehatan di Cirebon segera dilatih pemberian vaksin.
 
"Hasil dari vaksinasi 1.600 relawan yang terus dipantau menunjukkan gejala yang menggembirakan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, melansir Mediaindonesia.com, Jumat, 13 November 2020.
 
Edy mengaku mendapat kabar gembira itu dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat, perihal rencana vaksinasi covid-19 di Kota Cirebon. Dia yakin, mulai Januari 2021, vaksinasi warga Jabar bisa dilaksanakan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan, vaksinasi dilakukan untuk menciptakan health immunity dengan memberikan vaksin kepada 80 persen dari populasi penduduk. Jika berhasil, maka kelompok manula dan kelompok balita otomatis akan terproteksi. 
 
"Namun pertanyaannya, mampukah vaksin diberikan selama kurun waktu 14 hari," ungkap Edy.  
 
Baca: Bangka Belitung Dapat Jatah 1,1 Juta Vaksin Covid-19
 
Hari ke nol disuntik vaksin dan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin kedua setelah 14 hari. Untuk itu, lanjut Edy, pelatihan akan diberikan untuk tenaga kesehatan yang akan memberikan vaksinasi. 
 
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, menjelaskan rencananya pada Januari masyarakat Kabupaten Cirebon pun akan mendapatkan suntikan vaksin covid-19.  
 
"Sampai sekarang memang belum ada informasi lebih lanjut, namun kami telah bersiap," ungkap Enny.  
 
Dia mengaku para tenaga kesehatan di puskesmas telah diberikan pelatihan secara daring selama satu pekan. Menurut Enny, ada 60 puskesmas di Kabupaten Cirebon yang telah dilatih vaksinasi dan Dinkes berfungsi sebagai koordinator.
 
Tahap pertama, vaksinasi menyasar tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada publik, TNI, Polri dan masyarakat yang berisiko. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif