ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Diduga Bocorkan Soal ASDP, Kepala dan Guru SMP di Sleman Terancam Sanksi

Nasional pendidikan Guru
Ahmad Mustaqim • 14 April 2021 19:30
Sleman: Kepala dan guru di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sleman, terancam sanksi. Keduanya diduga kongkalikong membocorkan soal asesmen standar pendidikan daerah (ASPD). 
 
"Kami menanti (rekomendasi) sambil membentuk tim adhoc beranggotakan (perwakilan) instansi pemerintah," kata Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana dikonfirmasi, Rabu, 14 April 2021. 
 
Dugaan kepala dan guru membocorkan soal mata pelajaran matematikan dari hasil investigasi tim pencari fakta (TPF) dari Dinas Pendidikan tingkat DIY. Hasil investigasi TPF menyebut kepala sekolah melanggat pakta integritas dengan mengirimlan paket soal Matematika ke guru mata pelajaran terkait. Soal itu kemudian menyebat ke siswa. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soal tersebut juga diduga sempat dibahas melalui aplikasi daring. TPF merekomendasikan kepala dan guru sekolah itu dijatuhi sanksi. 
 
Ery mengatakan, sanksi seperti apa yang akan dijatuhkan belum dibahas. Surat rekomendasi TPF akan menjadi dasar pembahasan sakaligus memutuskan sanksi. 
 
"Kalau harus nonaktif, kami lakukan sampai ada rekomendasi akhir seperti apa. Kami melihat perkembangan kedepan, ini kan baru awal dan nanti laporan rekomendasi akhir setelah selesai," ujarnya. 
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya, mengatakan, pemberian sanksi akan menyesuaikan kadar pelanggaran. Namun, menurut dia, bila nanti dugaan itu tak terbukti akan dipulihkan namanya. 
 
"Kami masih menunggu hasilnya. (Kasus) ini menjadi yang pertama dan menjadi pembelajaran bagi dunia pendidikan," kata dia. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif