ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Dana PEN Sulsel Diprioritaskan untuk Sektor UMKM

Nasional UMKM ekonomi daerah PHK pandemi covid-19
Muhammad Syawaluddin • 14 Oktober 2020 21:13
Makassar: Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diterima Bank Sulselbar sebesar Rp1 triliun mulai disalurkan. Rencananya 65 persen penempatan dana pada bank milik Pemerintah Provinsi Sulsel itu akan difokuskan pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan, mengatakan dana PEN ini akan disalurkan bagi usaha mikro kecil menengah khususnya yang berfokus pada sektor produktif dan konsumtif.
 
"Total ke sektor produktif itu sekitar 60 sampai 65 persen, dan memang arahan Bapak Gubernur memang ke UMKM, terutama khusus untuk komoditas unggulan untuk mendorong ekspor," kata Irmayanti di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Permintaan Izin Hajatan di Tulungagung Meningkat
 
Dia menambahkan sejak dana itu masuk pada 2 Oktober 2020, penyaluran kredit sudah mencapai Rp107 miliar atau enam persen dari total dana yang diterima. Jumlah debitur sebanyak 700 dengan rate peminjaman mulai dari Rp5 juta.
 
Penyaluran ini kata Irma menyasar nasabah kecil hingga korporasi. Menurutnya yang terpenting adalah semua berkontribusi untuk pemulihan ekonomi daerah. "Sektor pariwisata, hotel, dan restoran juga termasuk. Karena sektor itu salah satu yang mendorong percepatan pemulihan ekonomi," jelasnya.
 
Irma juga optimis penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional di Sulawesi Selatan bisa mencapai target pada akhir tahun. Apalagi saat ini kinerja keuangan di wilayah Sulsel tergolong baik meski dibayangi pandemi.
 
Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan PEN ini menjadi senjata ampuh dari kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Bank Sulselbar akan mengkaji, menganalisa sektor-sektor yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi.
 
Dana PEN ini harus dimanfaatkan betul-betul oleh pemerintah provinsi maupun pelaku usaha guna pemulihan ekonomi nasional di Sulsel. "Tentu ini adalah sebuah peluang yang besar untuk kita manfaatkan. Sehingga, betul-betul dampak dari pandemi Covid-19 ini bisa mendorong percepatan ekonomi masyarakat Sulawesi Selatan," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif