Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. ANTARA/Foto: Riza Harahap
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. ANTARA/Foto: Riza Harahap

Perkantoran di Bogor Diminta Segera Bentuk Satgas Covid-19

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 13 Oktober 2020 23:25
Bogor: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengingatkan perkantoran pemerintah maupun swasta untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid-19 masing-masing. Satgas tersebut dinilai penting untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan kerja.
 
"Satgas Covid-19 di tingkat perkantoran agar melapor ke Satgas Covid-19 Kota Bogor untuk berkoordinasi," kata Bima Arya di Kota Bogor, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Baca: 94 Daerah Bertahan Jadi Zona Oranye Tanpa Perbaikan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan keberadaan Satgas Covid-19 di tingkat perkantoran ini langkah pencegahan penularan virus di lingkungan perkantoran yang faktor penularannya cukup tinggi. Bima menjelaskan klaster yang menjadi faktor penularan covid-19 terbesar di Kota Bogor adalah klaster keluarga atau rumah tangga.
 
"Klaster keluarga ini jika dibedah lagi, faktor penyebabnya adalah klaster perkantoran dan klaster luar kota," jelasnya.
 
Penjelasannya anggota keluarga di rumah tertular covid-19 dari anggota keluarga tersebut yang bekerja di perkantoran atau bekerja di perkantoran di luar kota, seperti di Jakarta, atau karena kunjungan ke daerah lain.
 
"Anggota keluarga ini yang kemungkinan besar menularkan pada anggota keluarganya di rumah," ungkapnya.
 
Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor ini menambahkan penularan covid-19 di perkantoran dimungkinkan terjadi karena para pegawai bekerja di kantor yakni di ruangan dengan pendingin udara selama berjam-jam dan minim ventilasi untuk pertukaran udara dari luar.
 
Oleh karena itu, Bima mengingatkan pengelola perkantoran segera membentuk Satgas Covid-19 dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.
 
"Kami ingatkan perkantoran membentuk Satgas Covid-19 sendiri dan melaporkannya ke Satgas Covid-19 Kota Bogor. Kami nanti akan cek apakah kantor sudah membentuk satgas sendiri," ujarnya.
 

 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif