Bandara Singkawang Mulai Dibangun Februari 2019
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, MI - Aries Munandar
Singkawang: Kota Singkawang, Kalimantan Barat, akan memiliki bandara. Rencananya, peletakan batu pertama bandara di Singkawang dilakukan pada Februari 2019.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan bandara dibangun di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan. Pemkot menyediakan tanah seluas 106 hektare untuk pembangunan tersebut.

Chui Mie mengaku bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pekan lalu. Pertemuan itu membahas rencana pembangunan bandara.


"Dalam pertemuan itu, kami telah menyerahkan dokumen laporan hasil pelaksanaan pengadaan tanah untuk bandara kepada Bapak Menteri," kata Chui Mie di Singkawang, Senin, 3 Desember 2018.

Menurut Chui Mie, Budi Karya bersedia datang untuk acara peletakan batu pertama tersebut. Chui Mie juga berterima kasih pada pemerintah pusat yang mengganggarkan lebih dari Rp10 miliar untuk pembangunan bandara.

Dana itu, lanjut Chui Mie, digunakan untuk membangun landasan. Sementara APBD dibebani untuk membangun jalan masuk menuju bandara serta sarana dan prasarana.

"Saya lupa berapa besarannya. Tapi semua sudah dianggarkan di APBD 2019," ungkap Chui Mie.

Pembangunan bandara pun melibatkan investor. Chui Mie berencana mempertemukan calon investor dengan Menteri Perhubungan untuk membahas soal anggaran.

Mantan Wali Kota Singkawang Awang Ishak mengapresiasi usaha Chui Mie untuk membangun bandara. Menurut Awang, pembangunan bandara di Singkawang harus berkesinambungan dan penting.

"Siapapun yang jadi wali kota, rencana itu harus tetap jalan," ujar Awang.

Salah satu alasannya, lanjut Awang, sebanyak 35 ribu warga di tiga kabupaten dan kota berada di Taiwan. Selain Singkawang, mereka juga berasal dari Bengkayang dan Sambas. Sementara itu, lebih dari 20 ribu warga dari tiga wilayah itu berada di Pulau Jawa. 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id