Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kiri) di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kiri) di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Sulsel Tertarik Buat LRT

Nasional kereta api
Muhammad Syawaluddin • 18 Maret 2019 21:46
Makassar: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) tertarik membangun proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) di Sulsel. LRT tersebut rencananya akan menghubungkan Kota Makassar dengan daerah di lain di bagian selatan provinsi.
 
"Tapi kita harus kaji dulu bagaimana pembangunan nantinya (LRT), tidak langsung dibuat. Apakah cocok dengan kondisi Sulsel," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 18 Maret 2019.
 
Tapi jika dilihat dari sejarah Sulsel memiliki potensi untuk melakukan hal itu, sebab LRT atau jalur kereta sudah ada sejak Indonesia belum merdeka sebagai negara. Rencananya LRT itu akan disesuaikan dengan jalur tempo dulu itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rute yang dimaksud adalah jalur kereta api yang pernah menghubungkan Pasar Butung di Kota Makassar hingga Kabupaten Takalar, atau mengarah ke bagian selatan Sulawesi Selatan.
 
Salah satu program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menjadikan Sulsel sebagai pusat pengembangan Kereta Api nasional. Pemprov Sulsel bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan membangun kantor bersama yang diisi beberapa tim pengkaji. Termasuk salah satunya tim kereta api.
 
"Hasil kajian nantinya akan menjadi bahan pertimbangan. Kita rancangan dulu. Ini butuh proses panjang," jelasnya.
 
Rencana pengkajian ini sempat dibahas Nurdin dalam pertemuan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Kantornya tepat pada Jumat 15 Maret 2019 lalu.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif