ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

BPBD Makassar Siapkan Posko Siaga Bencana di Daerah Rawan Banjir

Nasional bencana longsor bencana banjir
Muhammad Syawaluddin • 17 Januari 2019 16:07
Makassar: Musim penghujan yang melanda Kota Makassar cukup ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat beberapa wilayah di Sulawesi Selatan berpotensi Hujan Sedang-Lebat disertai Petir dan Angin Kencang.
 
Salah satu yang paling berpotensi adalah Kota Makassar, disusul Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Maros. Data tersebut membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar membangun posko siaga bencana di beberapa titik rawan banjir.
 
Kepala BPBD Kota Makassar, Taufieq Rachman, mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan di semua titik di Kota Makassar yang berpotensi terjadi banjir. Bahkan, pihaknya telah membangun posko siaga bencana daerah yang paling sering terjadi banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi Makassar itu siaga darurat banjir. Makanya kita terus melakukan pemantauan. Dan kami siapkan pos siaga di titik tersebut," katanya, saat dikonfirmasi, Kamis 17 Januari 2019.
 
BPBD Kota Makassar saat ini menyiapkan tiga posko siaga bencana (banjir) yakni di Kantor BPBD Kota Makassar sebagai induk. Dan dua lainnya berada di titik paling rawan yakni berada di Kecamatan Tamalanrea dan Kecamatan Manggala.
 
Namun, kata Taufieq, pihaknya akan menambah posko siaga bencana jika cuaca khususnya hujan semakin ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Makassar. Olehnya itu, selain personel BPBD pihaknya juga bekerjasama dengan Tim SAR baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat.
 
"Kami sudah mengumpulkan komunitas SAR, untuk nantinya membantu dalam hal Rescue. Sementara, PMI, dan KSR dalam hal medis. Kami juga akan menambah posko jika itu dibutuhkan dalam bentuk posko lapangan," jelasnya.
 
Dari rilis BMKG Makassar untuk kondisi cuaca besok 18 Januari 2019. Daerah wilayah selatan, Provinsi Sulsel masih sangat berpotensi mengalami cuaca ekstrem, khususnya, Kabupaten Pangkajene, Barru, Jeneponto, Kota Makassar, Bulukumba, Bantaeng, Palopo, Maros, Takalar, Gowa, dan Bantaeng.
 
Daerah-daerah tersebut masuk dalam zona waspada atau berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai dengan angin kencang dan kilat atau petir. Dan suhu udara mencapai 19 sampai 32°C.
 
"Tapi secara umum mitigasi bencana, harus melibatkan seluruh stakeholder atau instansi terkait guna mengurangi dampak pasca bencana. Khususnya pembangunan infrastruktur, dan sarana dan prasarana publik yang dibanguan Pemerintah Kota Makassar," katanya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi