Ratusan mahasiswa Bogor menggelar unjuk rasa di dua titik menuju Istana Bogor, yakni di depan pintu tiga dan pintu satu Istana Bogor. Foto: Medcom/Rizki
Ratusan mahasiswa Bogor menggelar unjuk rasa di dua titik menuju Istana Bogor, yakni di depan pintu tiga dan pintu satu Istana Bogor. Foto: Medcom/Rizki

6 Tuntutan Mahasiswa Bogor untuk Jokowi

Nasional Jokowi demo massa BBM Ibu Kota Baru Mahasiswa
Rizky Dewantara • 21 April 2022 22:57
Bogor: Ratusan mahasiswa Bogor menggelar unjuk rasa di dua titik menuju Istana Bogor, yakni di depan pintu tiga dan pintu satu Istana Bogor. Ada enam tuntutan yang disampaikan mahasiswa untuk Presiden Joko Widodo.
 
Enam tuntutan itu, pertama, mengusut tuntas mafia pangan dan menstabilkan harga pangan. Kedua, menolak keras kenaikan harga BBM dan meminta Kementrian ESDM menstabilkan harga BBM.
 
Ketiga, mendesak Presiden mencabut kebijakan kenaikan PPN 10 persen menjadi 11 persen karena membebani masyarakat. Keempat, menolak wacana kenaikan harga Gas elpiji, listrik, dan bensin pertalite.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelima, mendesak Presiden Jokowi untuk menunda fokus terhadap Ibu Kota Nusantara demi pemulihan ekonomi masyarakat dan menagih janji tidak membebani kepada APBN. Terakhir, mendesak Presiden me-reshuffle menteri yang membuat gaduh bangsa.
 
Baca: Puluhan Mahasiswa di Makassar Aksi Tolak Kenaikan BBM dan Kelangkaan Minyak Goreng
 
"Alhamdulillah semua rangkaian bisa berjalan dengan aman dan kondusif," ungkap Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Codro saat ditemui di lokasi unjuk rasa, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 21 April 2022.
 
Meski berjalan lancar, demo sempat membuat sejumlah ruas jalan di Kota Bogor macet total.  Kendaraan dari arah Tol Bogor menuju Tugu Kujang mengular hingga Jalan Otista, kemudian  di Jalan Empang dan Pahlawan juga tersendat. 
 
Kemacetan juga nampak di Jalan Ahmad Yani hingga Jambu dua, KS Tubun, dan Jalan RE Martadinata lantaran jalur Sudirman ditutup.
 
"Unjuk rasa para mahasiswa ada di dua titik, titik pertama di Jalan Djuanda ada 150 orang dan di Jalan Sudirman ada 50 orang. Akibatnya banyak jalan menuju Istana Bogor jamin tutup," ujar Purbo.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif