Ilustrasi SPBU Pertamina - - Foto: MI/ Fransisco
Ilustrasi SPBU Pertamina - - Foto: MI/ Fransisco

Pertamina DIY Pastikan Stok BBM Aman selama Mudik-Arus Balik

Nasional Mudik Lebaran Pertamina Yogyakarta jawa tengah Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Ahmad Mustaqim • 19 April 2022 14:14
Yogyakarta: Sales Area Manager Retail Yogyakarta PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Ivan Syuhada, mengatakan kebutuhan BBM masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan aman selama arus mudik hingga libur lebaran 2022. Hal itu berlaku untuk BBM bersubsidi maupun non subsidi.
 
"Kami memastikan stok BBM di SPBU dan pertashop bisa lancar distribusinya," kata Ivan, ditemui di Mapolda DIY, Selasa, 19 April 2022.
 
Ia mengatakan otoritas pertamina membuat sistem pasokan untuk wilayah di DIY dalam jangka 10 hari. Ia mencontohkan dari kebutuhan solar dalam sehari sebesar 800 kilometer, kata dia, pertamina menyediakan stok 8 ribu hingga 10 ribu kilo liter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang lebih bisa meyakinkan lagi sebenarnya pengiriman BBM, yakni di Pertamina Fuel Terminal Rewulu dikirim dari Cilacap melalui pipa. Kami memastikan ketersediaan BBM untuk masyarakat di DIY sangat aman," ucapnya.
 
Baca juga: Warga Yogyakarta Selewengkan BBM Subsidi, Jual Kembali ke Industri
 
Pihaknya memperkirakan peningkatan konsumsi BBM solar pada arus mudik diprediksi naik di angka 20 persen mulai H-10. Sementara, untuk pertalite dan pertamax naik 10-15 persen. 
 
Ivan juga menyatakan penyaluran BBM dilakukan dengan metode build up stok. Penyaluran BBM dilakukan salah satunya memakai motor pengangkut BBM di wilayah ramai, seperti di jalan tol. Kemudian juga menyediakan SPBU kantong di SPBU, yakni dengan menempatkan mobil tangki berisi BBM di SPBU. Ketika BBM di SPBU habis bisa langsung bongkar BBM di tempat atau masuk ke daerah ramai.
 
"Dengan begitu harapan kami ketika pemudik datang penyaluran(BBM) bisa aman. Biasanya H+1 daerah wisata Gunungkidul akan ramai. H-3 sampai H-1 ramai pemudik," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian untuk penyaluran BBM. Pihak berharap tidak ada penyelewengan pemakaian BBM, khususnya BBM bersubsidi di luar peruntukannya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif