Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

3.320 Calon Haji Akan Berangkat dari Sulsel

Nasional haji ibadah haji Sulawesi Selatan
Muhammad Syawaluddin • 28 April 2022 16:00
Makassar: Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan kuota haji bagi seluruh provinsi se-Indonesia. Salah satunya di Sulawesi Selatan yang mendapatkan kuota 3.320 orang.
 
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan, Khaeroni, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan mengucapkan selamat atas diizinkannya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.
 
“Ini sebuah anugerah luar biasa bagi jemaah (calon) haji Indonesia dan Sulawesi Selatan karena Pemerintah Arab Saudi telah membuka peluang bagi umat Islam untuk menyelenggarakan ibadah haji," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, kata dia, sudah dua tahun pelaksanaan ibadah haji tertunda karena pandemi covid-19. Khaeroni menyampaikan jemaah yang berangkat hanya yang berusia di bawah 65 tahun. Ia pun meminta masyarakat tetap bersabar, karena Arab Saudi masih membatasi jumlah dan usia jemaah yang dibolehkan untuk berangkat haji.
 
Baca juga: Kuota Jemaah Haji Kaltim 2022 Sebanyak 1.174 Orang
 
"Kita harus ikuti semua ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia,” ujarnya. 
 
Ia berharap tahun depan, kuota jemaah haji Indonesia kembali normal dan batas usia tidak lagi dibawah 65 tahun. Mudah-mudahan pemerintah lebih memprioritaskan jemaah lansia yang sudah menuggu lama. 
 
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ali Yafid, menambahkan kuota haji untuk Sulawesi Selatan itu sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 H/2022 Masehi. 
 
"Kita sudah bisa melakukan verifikasi kesiapan keberangkatan jemaah haji lunas tahun 1441H/2020M termasuk jemaah haji yang mengambil uang pelunasan Bipih,” ujarnya. 
 
Baca juga: Kuota Haji untuk Jepara Hanya 544 Kursi
 
Ali Yafid melanjutkan jemaah haji yang akan diberangkatkan sudah masuk dalam alokasi kuota haji tahun 1443H/2022M berdasarkan nomor urut porsi pada masing-masing kabupaten kota.
 
Sementara untuk usia jemaah haji yang dibolehkan menyelenggarakan ibadah haji, pemerintah Arab Saudi juga sudah menetapkan minimal 18 tahun per 4 Juni 2022. Sementara untuk usia dibawah 65 tahun dengan batasan kelahiran 8 Juli 1957.
 
Ketentuan lain, imbuh Ali Yafid, jemaah yang berangkat belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah dengan batas paling singkat 10 (sepuluh) tahun sejak menunaikan ibadah haji terakhir.
 
Jumlah kuota haji 2022 Sulsel sebanyak 3.320 jemaah tersebar di 24 kabupaten dan kota. Kuota haji 2022 terbanyak adalah Kota Makassar. Sementara, Toraja Utara adalah kabupaten dengan kuota haji 2022 paling sedikit.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif