Warga menyaksikan gelombang tinggi di perairan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Kornelis Kaha)
Warga menyaksikan gelombang tinggi di perairan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Waspada! Gelombang Tinggi di Perairan Kupang-Rote

Antara • 29 Januari 2022 14:55
Kupang: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai gelombang laut dengan kategori sangat tinggi di wilayah perairan utara Kupang-Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 
"Gelombang dengan kategori sangat tinggi ini berkisar empat sampai enam meter sehingga perlu diwaspadai kapal-kapal yang hendak melintas," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Sabtu, 29 Januari 2022.
 
Selain di wilayah perairan utara Kupang-Rote, ia melanjutkan, gelombang dengan kategori sangat tinggi juga berpeluang terjadi di Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu serta Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Hujan Deras, 2 Rumah di Situbondo Tertimbun Longsor
 
Ia mengatakan gelombang yang sangat tinggi bisa membahayakan keselamatan pelayaran kapal pesiar dan kapal kargo.
 
Menurut prakiraan BMKG, gelombang dengan tinggi 2,5-4 meter akan menyambangi beberapa bagian wilayah perairan Nusa Tenggara Timur. Termasuk Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, dan perairan utara Kupang-Rote.
 
"Sebagai catatan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali tinggi gelombang yang ada," katanya, menambahkan, gelombang tinggi berisiko membahayakan keselamatan pelayaran kapal feri dan kapal nelayan.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif