Target sebanayk 178.803 pelajar yang berusia 12-17 tahun mendapat vaksinasi di Kota Tangerang.
Target sebanayk 178.803 pelajar yang berusia 12-17 tahun mendapat vaksinasi di Kota Tangerang.

PTM di DIY Belum Dilakukan Meski Sudah Turun Level PPKM

Nasional Yogyakarta pandemi covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Ahmad Mustaqim • 07 September 2021 18:41
Yogyakarta: Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun dari Level 4 ke Level 3. Namun pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah masih belum dilakukan.
 
"Untuk PTM mulai dilakukan para guru. Guru datang ke sekolah untuk melakukan persiapan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Yogyakarta, Selasa, 7 September 2021.
 
Baca: SMAN 1 Tangerang Akan Hentikan PTM Jika Ada Siswa Terpapar Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyatakan siswa di DIY belum melakukan PTM sejak kasus covid-19 melonjak akhir Juni 2021, kecuali uji coba. Menurut dia uji coba PTM masih dibolehkan.
 
"Kalau di sekolah uji coba (PTM) silakan. Kalau (PTM) berjalan belum dapat izin," jelasnya.
 
Dia mengatakan PTM akan diizinkan jika semua elemen di sekolah selesai divaksinasi. Hingga kini, vaksinasi untuk pelajar belum menjangkau semua. Di Kabupaten Sleman misalnya, vaksinasi sudah atas 50 persen.
 
Terbaru pemerintah pusat memperpanjang PPKM 7-13 September lewat Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021. Aturan ini mengatur PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 covid-19 di wilayah Jawa-Bali.
 
Dikutip dari laman covid19.go.id, PTM dibolehkan dengan kapasitas maksimal 50%, kecuali SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB maksimal 62 persen sampai 100%, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas; serta PAUD maksimal 33% dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.
 
Selain itu, pasar rakyat non kebutuhan harian boleh dibuka maksimal kapasita 50 persen dengan jam operasi hingga pukul 17.00 WIB. Sementara, PKL, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan yang sejenis diizinkan buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat.
 
Adapun pengunjung supermarket wajib wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi mulai 14 September 2021.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif