Ilustrasi. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno
Ilustrasi. Medcom.id/Octavinus Dwi Sutrisno

Tiket Tiga Kereta Solo-DIY Gratis di HUT ke-74 RI

Nasional kereta api hut ri
Patricia Vicka • 15 Agustus 2019 10:32
Yogyakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop 6) Solo-Yogyakarta menggratiskan tiket tiga kereta api pada 17 Agustus 2019. Promo ini diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Eko Budiyanto menjelaskan tiket gratis berlaku untuk KA Prambanan Ekspres (Prameks), KA Batara Kresna, dan KA Kalijaga.
 
"PT KAI memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA lokal dan perintis," ujar Eko di Yogyakarta, Kamis, 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0. Tiket bisa dibeli di loket stasiun keberangkatan secara go-show.
 
"Tiket harus dibeli di loket. Tidak bisa dipesan jauh-jauh hari. Pembelian mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA," jelasnya.
 
Jumlah kuota tiket gratis ini disesuai dengan kapasitas maksimum masing-masing kereta api. Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, dapat mengambil bea tiket di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.
 
"Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding pass atau e-boarding pass ke petugas di stasiun," jelas dia.
 
Undian berhadiah
 
Ka Prameks memiliki tiga relasi yaitu Yogyakarta Kutoarjo, Yogyakarta Solo Balapan dan Kutoarjo Solo Balapan. Sementara rute KA Batara Kresna adalah Solo Wonogiri pulang pergi. Sedangkan KA Kalijaga melayani relasi Solo Semarang.
 
Senior Manager Angkutan Penumpang Daop VI Gotro Nur Riadi menambahkan pihaknya turut memberikan sejumlah hadiah undian ke penumpang KA di Daop 6.
 
Pemberian hadiah undian berlaku untuk penumpang di stasiun Tugu dan Lempuyangan. Pengambilan hadiah undian dilakukan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis selama Agustus.
 
"Doorprize berlaku untuk penumpang KA tertentu yakni KA Jaka Tingkir, KA Mataram, KA Bogowonto, dan KA Malioboro Express pagi," jelasnya.
 
Penumpang empat KA tersebut cukup menunjukkan tiket kereta ketika tiba di dua stasiun tersebut. Kemudian mereka memutar roda keberuntungan untuk mendapatkan hadiah. Hadiah undian beraneka ragam, mulai dari powerbank hingga tiket kereta gratis.
 
KAI berharap melalui promo ini, kereta api semakin diminati warga sebagai transportasi andalan.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif