Warga mengumpulkan limbah tumpahan minyak milik Pertamina yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat. Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warga mengumpulkan limbah tumpahan minyak milik Pertamina yang tercecer di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat. Foto: Antara/M Ibnu Chazar

Kajian Ganti Rugi Tumpahan Minyak Karawang Segera Keluar

Nasional pertamina
Medcom • 15 Agustus 2019 18:29
Karawang: PT Pertamina (Persero) sudah menyediakan dana kompensasi untuk daerah yang terkena dampak tumpahan minyak di Karawang. Tim Penanganan Kompensasi yang dibentuk menunggu hasil kajian dari lembaga yang ditunjuk.
 
"Secepatnya Pertamina akan memberikan ganti rugi, nanti verifikasinya dari Dinas Perikanan dan Kelautan, termasuk juga dari IPB."Kata Ketua Tim Penanganan Kompensasi Acep Jamhuri atau Headline News MetroTV, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
Daerah yang terdampak sekitar 40-50 meter. Pertamina dan nelayan memasang jaring di beberapa wilayah Pesisir Utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat untuk mencegah tumpahan minyak melebar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemasangan tersebut untuk meminimalisir tumpahan minyak yang akan mencemari daratan. Sebelum diangkat ke pemusnaan limbah, warga, Pertamina, dan TNI membersihkan ceceran limbah minyak mentah dan dimasukkan ke karung yang disiapkan.
 
Baca: Pertamina Janji Ganti Rugi ke Masyarakat Terdampak Tumpahan Minyak
 
Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Pertamina akan memberikan ganti rugi kepada warga yang terkena dampak tumpahan minyak mentah di Perairan Utara Karawang, Jawa Barat.
 
Pada 18 Juli 2019 sekitar pukul 06.30 WIB terjadi kebocoran dan gelembung gas di sekitar anjungan lepas pantai YYA, Blok Minyak dan Gas Offshore North West Java (ONWJ) PT Pertamina. Kebocoran itu terjadi sekitar dua kilometer dari Pantai Utara Jawa, Karawang, pada titik koordinat 06° 05' 864" LS 107° 37' 463" BT. (Putri Adam)
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif