Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Polda DIY Pantau Akun Medsos Anggotanya

Nasional polisi
Ahmad Mustaqim • 22 November 2019 15:31
Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan anggotanya tak pamer kemewahan di media sosial. Imbauan tersebut berkaitan dengan seruan Mabes Polri soal larangan menunjukkan kekayaan.
 
"Di Polda DIY sepertinya belum ada yang ditegur," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar Yuliyanto saat dihubungi, Jumat, 22 November 2019.
 
Yuliyanto mengatakan jika Polda DIY sudah mulai mengawasi akun media sosial seluruh anggotanya sejak beberapa waktu lalu. Menurut Yuliyanto anggota yang pamer di media sosial akan menimbulkan stigma di kalangan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya mewah itu kan dilihat dari perbandingan penghasilan dan apa yang ditampilkan," ujar eks Kepala Polres Sleman ini.
 
Pihaknya mengaku hingga ini belum menemukan anggota Polda DIY mengunggah konten media sosial yang menunjukkan pamer kemewahan. Baik anggota maupun polisi wanita (Polwan), hingga Bhayangkari.
 
"Kita belum menemukan postingan, apakah itu Bhayangkari, apakah itu personel Polda yang kelihatan dalam medsos itu bermewah-mewah. Kita belum menemukan untuk yang di Polda DIY," jelas Yuliyanto.
 
Yuliyanto menambahkan Polda DIY sepenuhnya mendukung imbauan Mabes Polri terkait larangan pamer kemewahan. Di sisi lain, polisi juga menjadi aparatur negara.
 
"Saya kira kita sangat setuju dan itu mendukung sekali. Saya kira memang sudah seharusnya seperti itu," jelas Yuliyanto.
 
Sebelumnya Mabes Polri mengeluarkan Surat Telegram bernomor ST/30/XI/HUM.3.4/2019DIVPROPAM tertanggal 15 November 2019. Isi surat ini terkait larangan anggota dan keluarga Polri pamer kemewahan.
 
Surat Telegram yang bertandatangan Kepala Divisi Propam Polri, Inspektur Jenderal Sigit Prabowo itu tentang peraturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri, dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di kalangan Polri.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif