Ilustrasi biji kopi di Cafe Sidongopi, Malang, Jawa Timur. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Ilustrasi biji kopi di Cafe Sidongopi, Malang, Jawa Timur. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Jatim Akan Tingkatkan Ekspor Kopi

Nasional ekspor
Daviq Umar Al Faruq • 12 Desember 2019 18:21
Malang: Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Karyadi, mengatakan kopi adalah salah satu komoditas potensial di Jawa Timur. Pasalnya ekspor kopi di Jawa Timur mencapai 70-75 ribu ton per tahunnya dan harus ditingkatkan.
 
"Ini yang harus dinaikkan. Karena yang bisa meningkatkan ekspor itu salah satunya kopi. Tentu itu akan kita berupaya maksimal. Mau tidak mau harus dilakukan," kata Karyadi di Malang, Jawa Timur, Kamis, 14 Desember 2019.
 
Karyadi menjelaskan areal perkebunan kopi di Jawa Timur seluas kurang lebih 100 ribu hektare. Salah satu perkebunan terbesar ada di Malang, yakni PT Asal Jaya dengan luas 15 ribu hektare dan rata-rata produktivitas sebesar 800 kilogram per hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Produksi rata-rata 700-800 kilogram per hektare, namun yang bagus, bisa mencapai dua ton per hektare," jelas Karyadi.
 
Oleh karena itu, untuk meningkatkan ekspor kopi dari wilayah Jawa Timur, Dinas Perkebunan bakal berkomunikasi dengan para pelaku usaha. Tujuannya tak lain untuk melakukan pemetaan potensi pasar kopi dunia.
 
"Tujuan baru, akan kami akan petakan dengan eksportir. Kami harus mencari pasar itu, tapi yang paling penting adalah menata mutu kopi tersebut, termasuk keberlanjutan pasok," ungkap Karyadi.
 
Dinas Perkebunan pun kini tengah gencar melakukan perluasan area tanam untuk kopi jenis arabika. Pada 2019, ada penambahan luas tanam kurang lebih 700 hektare, dan pada 2020 diperkirakan perluasan sebesar 1.200 hektare.
 
"Sementara untuk robusta, produktivitas harus naik. Tidak ada perluasan area tanam, karena mayoritas di Jawa Timur adalah robusta," pungkas Karyadi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif