Gubernur Ganjar Pranowo kunjungi lokasi banjir di Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, Selasa, 14 Januari 2020. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Gubernur Ganjar Pranowo kunjungi lokasi banjir di Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, Selasa, 14 Januari 2020. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Banjir Brebes Akibat Kerusakan di Hulu Sungai

Nasional bencana banjir
Kuntoro Tayubi • 14 Januari 2020 19:46
Brebes: Banjir di Brebes, Jawa Tengah, dinilai tidak akan selesai hanya dengan perbaikan tanggul. Sebab, kerusakan di bagian hulu sungai sudah sangat parah.
 
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Happy Mulya, mengatakan, banjir di Ketanggungan memang karena tanggul jebol. Namun meski diperbaiki, tetap tidak bisa menahan limpasan air dari wilayah yang lebih tinggi.
 
“Saya berharap reboisasi bagian hulu sungai dipercepat, agar bencana semacam ini tidak terulang lebih parah lagi," katanya, di Ketanggungan, Brebes, Selasa, 14 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Happy mengatakan secara keseluruhan di wilayah BBWS Cimanuk Cisanggarung ada 379 titik rawan banjir. Beberapa di antaranya berada di wilayah Brebes, yakni sebanyak 49 titik.
 
Mendapat laporan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan Pemkab Brebes memetakan wilayah yang mengalami kerusakan di bagian hulu untuk ditangani. Selain, seluruh elemen pemerintah harus memberikan pemahaman kepada masyarakat.
 
“Jangan mengambil tanah di tanggul untuk pembuatan batu bata sehingga nantinya akan merusak tanggul dan banjir kembali. Pun dengan membuat pintu air dan sodetan atau gorong-gorong pembuangan air,” kata Ganjar.
 
“Segera bentuk Tim Jaga Kali untuk pengawasan ini, termasuk dengan melibatkan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Cimanuk-Cisanggarung. Muspika dan Pemdes setempat untuk melakukan patroli apakah ada kemungkinan kerusakan tanggul atau tidak,” pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif