Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)

Izin Nelayan Dipastikan Dipermudah

Nasional nelayan
Muhammad Syawaluddin • 02 Desember 2019 10:53
Makassar: Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengatakan pihaknya akan mengubah izin bagi nelayan. Edhy berjanji akan memudahkan izin untuk nelayan di laut.
 
"Kami akan cari jalan keluar dan itu sudah perintah presiden, untuk mempermudah izin. Kami sudah mulai menggodok itu," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 1 Desember 2019.
 
Pihaknya tengah menggodok untuk memperbaharui Undang-undang Perikanan. Dia memastikan pembahasan sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dan segera dibahas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menekankan saat ini pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian, kejaksaan, dan angkatan laut untuk memberi kelonggaran kepada nelayan. Kelonggaran diberikan selama pembahasan Undang-Undang Perikanan dibahas.
 
"Kami membangun komunikasi dengan aparat hukum seperti kepolisian, kejaksaan, agar nelayan diberikan kelonggaran, satu sampai dua kali," ujar dia.
 
Dia menegaskan kelonggaran tidak berlaku bagi nelayan yang melakukan tindak pidana. Yakni menyelundupkan atau membantu perdagangan narkoba melalui jalur laut.
 
Edhy mengarahkan ke nelayan untuk mengambil izin melaut ke pemerintah pusat, melalui pemerintah provinsi. DIa memastikan bakal mempermudah keluarhanya izin.
 
"Mudah saja, tinggal mengirim satu surat saja yang menjelaskan bahwa kapal anda telah diperiksa sebelumnya Dan bertanda tangan. Maka akan diberikan, setelah itu anda kami awasi," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif