Pengganggu Keamanan Pilkada di Bolmong Terancam Ditembak

Mulyadi Pontororing 24 Juni 2018 19:08 WIB
pilkada 2018
Pengganggu Keamanan Pilkada di Bolmong Terancam Ditembak
Ilustrasi penembakan, Medcom.id
Manado: Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, bakal mengambil langkah tegas terkait dengan pengamanan Pilkada 2018 yang akan berlangsung 27 Juni 2018 nanti. Kapolres Bolmong AKBP Gani F Siahaan bahkan menginstruksikan anak buahnya tak segan-segan menembak pelaku yang mengganggu keamanan selama Pilkada..

“Demi keamanan, saya memilih jalur yang tidak aman. Saya telah mengeluarkan perintah ke jajaran agar tembak di tempat terhadap siapapun yang ingin mengacaukan pelaksanaan pilkada di daerah ini. Ini harus kami lakukan demi menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat Bolaang Mongondow,” tegas Saiahaan, di Kota Kotamobagu, Sulut, Minggu, 24 Juni 2018.

Menurutnya, sikap tegas itu patut dilaksanakan lantaran jajarannya saat ini mengamankan dua kabupaten/kota yang akan melangsungkan pilkada, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.


Kendati begitu, Gani menjelaskan perintah tembak di tempat tersebut tentu akan disesuaikan dengan tingkat ancaman sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 1 tahun 2009, tentang Penggunaan Kekuatan Polri.

“Kita lihat nanti jika eskalasi meningkat dan tingkat ancamanya telah membahayakan keselamatan dan nyawa orang, ya terpaksa kita lakukan tindakan tegas tembak di tempat dan ini akan saya buktikan, saya tak main-main dalam hal menjaga keselamatan orang, saya ingatkan jangan coba-coba melakukan tindakan anarkis dan membahayakan keselamata orang,” tambahnya.

Tindakan tegas ini, lanjutnya, nantinya akan dilakukan  jika situasi keamanan terganggu dan mengarah pada rusuh yang meluas.

“Pilkada hanyalah sarana berdasarkan Undang-Undang untuk memilih pemimpin berdasarkan azas demokrasi, tapi ingat keamanan harus terjaga karena damai dan kedamaian itu wajib sifatnya dan tujuan hukum itu harus tercapai,” tandasnya.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id