Jalan Lintas Palangkaraya-Pelabuhan Bahaur Mendesak Diperbaiki

Anggi Tondi Martaon 17 April 2018 17:55 WIB
berita dpr
Jalan Lintas Palangkaraya-Pelabuhan Bahaur Mendesak Diperbaiki
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meminta pemerintah memperbaiki jalan lintas Palangkaraya menuju Pelabuhan Bahaur sepanjang 80 kilometer (Foto:Dok.DPR)
Jakarta: Komisi V DPR RI sangat menyayangkan kondisi jalan lintas Palangkaraya menuju Pelabuhan Bahaur sepanjang 80 kilometer rusak parah. 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo meminta agar pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab, jalan itu menjadi salah satu akses utama transportasi orang dan barang. 

“Perlu diperbaiki agar layak untuk angkutan orang dan barang,” kata Sigit dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 April 2018.


Politikus PKS itu berharap Kementerian Perhubungan segera melakukan studi komprehensif terkait kondisi jalan. Setidaknya dibutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan kajian. 

"Perkiraan sementara dibutuhkan anggaran Rp200-250 miliar untuk membangun akses sepanjang 40 kilometer jalan ke lokasi Pelabuhan Bahaur yang terkoneksi dengan 9 kabupaten,” kata Sigit.

Politikus asal daerah pemilihan Jawa Timur itu menyebutkan, jika studi sudah selesai dilakukan, maka hasil kajian bisa menjadi landasan Komisi V DPR RI mengusulkan perbaikan kondisi fisik jalan dimasukkan dalam RAPBN 2019. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Jaringan Jalan, Ditjen Bina Marga, Rachman Arief Dhienaputra saat paparan di depan Tim Kunker Komisi V DPR RI dan Gubernur Kalteng mengharapkan pembangunan jalan nasional, provinsi dan kabupaten harus ada sinergi antara pemerintah pusat, pemda dan pemkab/pemkot.

“Ke depan dalam setiap pembahasan pembangunan infrastruktur jalan di Pemkab kami ingin ada juga perwakilan dari Pemda yang hadir agar hasilnya terintegrasi,” kata Arief.

Pihaknya menekankan bahwa berbagai infrastruktur yang dibangun (seperti Pelabuhan) harus didukung oleh akses jalan. Di Kalteng jalan nasional mencapai 2000 Km dengan 64 ruas jalan. 

“Jalan lintas selatan sebagai jalur logistik utama, kondisinya cukup mantap. Sementara jalur lingkar tengah belum terlalu padat dan perlu perbaikan di beberapa titik," ucapnya.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360