NasDem Sulut Survei Kandidat Caleg
ilustrasi Medcom.id
Manado: Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Utara menyeleksi sejumlah kandidat calon legislatif yang akan berlaga pada pemilihan legislatif 2019. 

Sekretaris DPW Nasdem Sulut Viktor Mailangkay mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan seleksi untuk menentukan calon yang akan bertarung.

"Sekarang sudah sampai pada tahap seleksi berkas dan seleksi akhir," kata Mailangkay, di Manado, Rabu, 11 Juli 2018.


Menurutnya, untuk mendapatkan calon yang benar-benar mumpuni, pihaknya melakukan dua kali survei terhadap para kandidat yakni pada April dan Juni 2018. 

Survei itu, beber Mailangkay, guna memastikan data yang dimasukan para kandidat benar-benar valid, mulai dari persyaratan yang ditetapkan KPU hingga kriteria khusus NasDem. 

Dia mengunbgkapkan, NasDem Sulut mewajibkan lima kriteria partai yang harus ada pada tiap kandidat, selain persyaratan dari KPU.

Pertama, ujar Mailangkay, kandidat harus memiliki modal sosial yaitu dikenal dan mengetahui daerah pemilihannya. Kedua, memiliki modal finansial yang cukup untuk membiayai konstituennya. 

"Artinya, jika dia mengundang konstituennya tentu harus membiayainya. Masa hanya modal ludah," beber Mailangkay.

Selanjutnya, kandidat harus memiliki keyakinan untuk menang. "Keyakinan ini sangat diperlukan. Dalam artian NasDem tidak akan mencalonkan orang yang hanya sekadar coba-coba. Setelah punya modal sosial dan finansial tentu dia harus yakin untuk mensinergikan kedua modal sebelumnya," bebernya.

Mailangkay menambahkan, para kandidat juga diwajibkan tunduk pada regulasi partai dan strategi partai dalam meraih kemenangan.

"Serta integritas pribadi untuk menyatakan tidak korupsi dan tidak menerima suap. Di situ juga dilihat rekam jejaknya.  Apa saja yang sudah dia perbuat," pungkasnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id