Banjir merendam sejumlah wilayah di Pidie Jaya, Aceh, Rabu dini hari, 29 April 2020. Dokumentasi/ Istimewa
Banjir merendam sejumlah wilayah di Pidie Jaya, Aceh, Rabu dini hari, 29 April 2020. Dokumentasi/ Istimewa

Sembilan Desa di Pidie Jaya Terendam Banjir

Nasional banjir
Fajri Fatmawati • 29 April 2020 08:56
Banda Aceh: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, sejak Rabu dini hari, 29 April 2020, menyebabkan sembilan desa di terendam banjir. Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir menggenangi pemukiman warga setinggi 1,2 meter.
 
"Karena curah hujan cukup tinggi di wilayah Pidie Jaya mengakibatkan debit air naik dan merendam beberapa desa di Kecamatan Muara dua," kata Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budiono, saat dikonfirmasi.
 
Budiono menjelaskan petugas gabungan yang terdiri dari Personel Pos siaga SAR Bireun, TNI, Polri, BPBD PIdie Jaya, dan unsur masyarakat diturunkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami menerima informasi dari anggota BPBD Pidie Jaya bahwa ada satu warga yang sedang memancing terjebak di sungai dan butuh segera di evakuasi," jelas Budiono.
 
Warga yang sempat terjebak di sungai tersebut yakni, Fadli Yusuf, 49, warga Manyang Lancok, Kecamatan Meureudu, dan warga Desa Pante Beurene, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya yakni Junaidi, 53. Beruntung Keduanya berhasil diselamatkan petugas.
 
"Tim gabungan kembali melakukan evakuasi warga ke mesjid, rumah warga serta tempat-tempat pengungsian lainnya dengan menggunakan perahu karet," ungkap Budiono.
 
Budiono menjelaskan untuk wilayah terdampak banjir yaitu di kecamatan Meurah Dua ada tujuh Desa dengan 1.200 jiwa. Kemudian Kecamatan Meureudu ada dua desa dengan 750 jiwa.
 
"Hingga saat ini air masih menggenangi rumah warga dan arus banjir masih deras," pungkas Budiono.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif