Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD
Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD

Pemkot Balikpapan Izinkan Pelaksanaan Salat Idulfitri di Masjid

Nasional Virus Korona
Media Indonesia • 19 Mei 2020 11:42
Balikpapan:Pemerintah Kota Balikpapan menerbitkan surat edaran bersama tentang pelaksanaan salat Idulfitri. Warga diizinkan menggelar salat Idulfitri di masjid maupun musala.
 
"Pemkot Balikpapan tidak merekomendasikan kegiatan keagamaan digelar di tempat terbuka seperti lapangan atau jalan raya. Hal ini untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19.Sebab Balikpapan telah ditetapkan sebagai zona merah," kataWali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Surat edaran ini terang Rizal diterbitkan usairapat antara Pemkot dengan Forkompida, Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia, dan ForumKerukunan Umat Beragama (FKUB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Telah dikeluarkan surat edaran bersama Pemerintah Kota dan Tim Gugus Tugas dengan Fokompida MUI, Dewan Masjid, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)," tutur Rizal.
 
Selain pelaksanaan salat Idulfitri, Pemkot Balikpapan pun mengizinkan pelaksanaan ibadah Peringatan Kenaikan Isa Al-Masih di gereja. Namun, perayaan dua ibadah dua agama itu tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kendati diizinkan, Pemkot tetap mengimbau masyarakat tetap beribadah di rumah masing-masing.
 
Sebelumnya, MUI Balikpapan dan Dewan Masjid Indonesia Balikpapan sepakat menyoal pelaksanaan salat Idulfitri 1441 H. Ada dua pilihan yang disepakati, salat di rumah atau di masjid dengan protokol kesehatan secaa ketat.
 
"Intinya salat Id harus taat memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," tegas Sekretaris MUI Balikpapan, Muhammad Jaelani.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif