Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

RS Rujukan Covid-19 di Jateng Diminta Aktif Ajukan Klaim

Nasional Virus Korona
Mustholih • 15 Mei 2020 16:50
Semarang: Dinas Kesehatan Jawa Tengah meminta rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan covid-19 untuk aktif mengajukan klaim biaya perawatan pasien ke Pemerintah Pusat. Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan klaim biaya pasien yang terpapar covid-19 bisa dilakukan secara online.
 
"Rumah sakit mengisi data ke sistem informasi e-claim, lalu ditembuskan ke Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota masing-masing. Mudah, makanya, RS secara aktif harus mengajukan klaim secara elektronik," kata Yulianto di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Baca:Data 15 Mei: Sembuh Covid-19 3.803, Positif 16.496

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yulianto menjelaskan setelah RS menginput data secara daring, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan kemudian melakukan verifikasi. Apabila proses verifikasi ini berhasil, BPJS Kesehatan meneruskan klaim biaya perawatan itu ke Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kementerian Kesehatan.
 
"Kalau disetujui, maka rumah sakit tersebut akan dibayar. Jadi mudah," jelas Yulianto.
 
Meski begitu, kata Yulianto, ada syarat-syarat klaim perawatan biaya pasien covid-19 bisa ditanggung Pemerintah Pusat. Antara lain, pasien harus didiagnosis positif terinfeksi virus korona atau berstatus pasien dalam pengawasan.
 
Yulianto tidak menjelaskan besar biaya perawatan yang sudah diklaim oleh rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di Jateng. Dia mengatakan belum mendapat laporan detail dari rumah sakit.
 
"Kalau ODP (orang dalam pemantauan) ada kriterianya. ODP umur 60 tahun ke atas dengan atau tanpa penyakit penyerta. Kedua, ODP umur kurang dari 60 tahun, harus ada syarat lain yaitu mempunyai penyakit penyerta," ungkap Yulianto.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif