Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: Istimewa)
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: Istimewa)

Longsor Palopo Diduga Akibat Alih Fungsi Lahan

Nasional tanah longsor
Muhammad Syawaluddin • 27 Juni 2020 19:03
Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, menduga bencana longsor yang terjadi di Kota Palopo, akibat alih fungsi lahan. Kontur tanah yang labil diperparah oleh cuaca ekstrem.
 
"Mungkin salah satu penyebab karena adanya alih fungsi lahan yang terjadi di atas dan diperparah curah hujan yang tinggi," kata Nurdin, di Makassar, Sabtu, 27 Juni 2020.
 
Mantan Bupati Bantaeng itu mengatakan pemerintah sebelumnya telah memperingatkan kepada masyarakat akan potensi longsor. Ia pun meminta warga tidak lagi bermukim di tempat tersebut lantaran kondisi jalan yang tidak memungkinkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Angka Positif Covid-19 di Sumsel Terus Naik
 
"Sebenarnya kami sudah tinjau beberapa minggu lalu, pada saat itu kita sampaikan kepada masyarakat untuk tidak bermukim di sana," kata dia.
 
Longsor yang terjadi pada Jumat sore, 26 Juni 2020, itu sebelumnya merusak beberapa rumah dan memutus akses jalan Palopo-Toraja.
 
"Jalan penghubung antara Palopo dan Toraja terputus, kebetulan ini jalan nasional. Untung saja, kita sudah membuka jalur baru dari Rantepao ke Bua," imbuh dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif