Gubernur Irwan Prayitno tanda tangani plakat peresmian Sumbar Command Center, di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 5 Februari 2020. (ANTARA/Miko Elfisha)
Gubernur Irwan Prayitno tanda tangani plakat peresmian Sumbar Command Center, di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 5 Februari 2020. (ANTARA/Miko Elfisha)

Sumbar Command Center Pantau Pilkada 2020

Nasional
Antara • 05 Februari 2020 13:58
Padang: Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memanfaatkan teknologi untuk memantau dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Teknologi tersebut diciptakan untuk mempermudah koordinasi antar wilayah selama pelaksanaan pilkada.
 
"Pusat informasi berbasis teknologi itu namanya Sumbar Command Center. Salah satu fungsinya konferensi video dengan kabupaten/kota. Kita maksimalkan untuk pengawasan Pilkada 2020," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, usai meresmikan Sumbar Command Center di Padang, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Irwan menjelaskan teknologi untuk konferensi video dengan kabupaten dan kota itu baru bisa dibangun tahun ini karena membutuhkan dukungan anggaran yang cukup besar, tidak saja di provinsi tetapi juga di kabupaten dan kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak semua kabupaten dan kota punya dukungan anggaran memadai karena itu baru terealisasi saat ini," ungkap Irwan.
 
Uji coba sekaligus peluncuran Sumbar Commad Center tersebut dilakukan konferensi video dengan empat kabupaten dan kota masing-masing Kota Bukitinggi, Kota Solok, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Solok.
 
Empat daerah melaporkan kesiapan untuk melaksanakan Pilkada serentak pada 2020 termasuk dukungan anggaran untuk pelaksanaan dan pengamanan. Menurut Irwan sambungan jaringan konferensi video terutama audio masih belum maksimal, meski sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan.
 
"Sejumlah kekurangan ini akan diperbaiki. Ini kan baru pertama digunakan," jelas Irwan.
 
Sementara Kepala Dinas Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri, mengatakan jika pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan terhadap teknologi dan jaringan yang digunakan pada Sumbar Command Center tersebut. "Kita terus perbaiki agar bisa dimanfaatkan secara maksimal," kata Yeflin.
 
Selain untuk konferensi video, Simbar Command Center juga merupakan penyimpanan data yang sangat besar bagi Sumbar. Semua data berkaitan kinerja hingga laporan keuangan tersimpan dan bisa diakses secara real time.
 

(DEN)

TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif