NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemerintah DIY Akan Tambah RS Rujukan Korona

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 19 Maret 2020 14:47
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempertimbangkan menambah jumlah rumah sakit rujukan terkait penyebaran virus korona covid-19. Hal ini menyusul jumlah orang dalam pemantauan yang tersebar di seluruh DIY.
 
"Kemarin Dinas Kesehatan sudah mengumpulkan direktur utama rumah sakit negeri maupun swasta ada sekitar 20 rumah sakit," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Kadarmanta menjelaskan pertimbangan penambahan rujukan rumah sakit untuk menambah pilihan adanya ruang isolasi dan perawatan. Ia mengatakan pihak rumah sakit menyatakan siap untuk menyediakan kebutuhan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini baru dibahas. Nanti akan disampaikan ke Dinkes," jelas Kadarmanta.
 
Muncul wacana menggunakan hotel untuk menambah ruang isolasi dan perawatan. Kadarmanta menilai pilihan itu dilakukan apabila ketersediaan di fasilitas kesehatan sudah tidak memungkinkan.
 
"Kalau memang yang sudah kita sediakan tidak cukup ini kan kita sudah antisipasi yang sekarang jadi rumah sakit rujukan itu sudah kita siapkan," ungkap Kadarmanta.
 
Ia menambahkan penambahan rumah sakit rujukan masih harus disampaikan ke Kementerian Kesehatan. Ia berharap rencana alternatif itu bisa terealisasi beserta kelengkapan fasilitasnya.
 
"Second line kita minta sediakan, pertama alkesnya, dari sisi ruangnya, isolasi atau ruang perawatan khusus. Lalu dokter yang akan menangani lalu juga peralatan-peralatan non medis," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY ini.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif