Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat melakukan peninjauan RSUD Bung Karno Solo yang akan dijadikan RS korona. (Foto: Medcom.id/Triawati Prihatsari)
Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo saat melakukan peninjauan RSUD Bung Karno Solo yang akan dijadikan RS korona. (Foto: Medcom.id/Triawati Prihatsari)

Solo Siapkan Rp49 Miliar untuk Warga Miskin Terimbas Korona

Nasional Virus Korona
Triawati Prihatsari • 01 April 2020 23:37
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran Rp49 miliar untuk memerangi virus korona. Dana tersebut bersumber dari realokasi anggaran di beberapa bidang, di antaranya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, bantuan gubernur, serta dana insentif daerah.
 
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan anggaran itu akan dialokasikan bagi warga miskin terimbas covid-19. Terutama masyarakat dengan penghasilan harian
 
"Pemberian logistik lewat penyaluran bansos (bantuan sosial) bagi warga rentan miskin yang kami targetkan merambah 40 ribu kepala keluarga (KK). Masing-masing KK mendapatkan Rp250 ribu," kata Rudy, Rabu, 01 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pasien Positif Korona di Makassar Sembuh
 
Ia menambahkan, pemberian bantuan sosial akan dilakukan dalam bentuk makanan pokok seperti beras, telur, dan lainnya. Masing-masing keluarga akan mendapatkan dana bansos tersebut sebanyak dua kali.
 
Selain untuk pemberian bansos pada warga rentan miskin, anggaran juga akan dialokasikan untuk penyediaan alat-alat kesehatan, penyediaan sarana dan prasarana kesehatan khusus covid-119, baik di rumah sakit maupun puskesmas.
 
"Kemudian juga dialokasikan untuk pembelian alat penyemprot, disinfektan, sampai ke biaya pemakaman PDP yang meninggal," jelasnya.
 
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Solo, Ahyani, menambahkan, penyaluran bansos kepada warga rentan miskin akan dimulai pekan ini.
 
"Teknisnya, petugas mendatangi rumah penerima. Sasaran utamanya adalah warga yang bekerja di sektor informal," imbuh dia.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif