ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

ODP di Papua Mencapai 7.509 Orang

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 30 Maret 2020 22:51
Jayapura: Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga hari ke-14 di Papua mengalami peningkatan signifikan. Kini jumlah tersebut mencapai 7.509 dimana sehari sebelumnya sebanyak 5.569 orang atau naik sebanyak 1.940 orang per-30 Maret 2020.
 
Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, mengatakan pasien yang sudah positif terjangkit virus korona covid-19 ada sembilan orang.
 
"Memang ada penambahan ODP yang cukup signifikan, namun kami cukup mengapresiasi peran dari para dokter yang menangani PDP dibeberapa rumah sakit yang ada di Papua. Tercatat ada lima PDP yang dipulangkan karena sudah sembuh, walau ada penambahan lagi lima PDP," kata Silwanus, di Jayapura, Senin, 30 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebaran ODP sesuai dengan laporan dari beberapa kabupaten dan kota, yang terbanyak ada pada laporan KKP Jayapura yaitu mencapai 4.087 orang. Diikuti Kabupaten Merauke sebanyak 1.654 ODP, Asmat 417 ODP, Kabupaten Jayapura 401 ODP, Biak 331 ODP, Keerom 224 ODP, Kota Jayapura 108 ODP, Boven Digoel 105 ODP, dan sisanya seperti Kabupaten Jayawijaya, Mappi, Puncak Jaya, Paniai, Tolikara, Supiori, Yapen, Sarmi, Yahukimo, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, dan Nabire masih berkisar puluhan ODP.
 
Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih tetap seperti hari sebelumnya yaitu 43 orang yang tersebar delapan kabupaten dan kota. Delapan kabupaten dan kota tersebut diantaranya, Kota Jayapura sebanyak 17 PDP, Kabupaten Merauke sembilan PDP, Kabupaten Jayapura tujuh PDP, Mimika empat PDP, Jayawijaya satu PDP, Puncak dua PDP, Puncak Jaya satu PDP, dan Kabupaten Biak dua PDP.
 
Silwanus merinci lima pasien yang sudah dipulangkan tersebut ada tersebar di RS Provita satu PDP, RSUD Jayapura satu PDP, RS Abepura satu PDP, dan di Kabupaten Boven Digoel dua PDP.
 
"Sedangkan yang baru masuk sebagai PDP ada di RSUD Abepura tiga orang dan di Kabupaten Puncak dua orang," jelas Silwanus.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif