Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Medcom.id/Amaluddin

Khofifah Minta Kepala Daerah Salurkan Bantuan Tunai Sebelum Lebaran

Nasional Virus Korona PSBB
Amaluddin • 13 Mei 2020 18:22
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mendorong kepala daerah di Jatim mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Khofifah ingin BLT-DD tersalurkan kepada warga sebelum Hari Raya Idulfitri.
 
"Pak Presiden berpesan agar BLT-DD harus dimaksimalkan dan dipercepat pencairannya sebelum Hari Raya Idulfitri agar dapat dirasakan betul manfaatnya oleh para KPM untuk memenuhi kebutuhannya," kata Khofifah saat video conference, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Baca: 5 Pengunjung Pusat Belanja di Banyuwangi Terindikasi Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah menjelaskan berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jatim, progress penyaluran BLT-DD Jatim hingga saat ini telah cair Rp21,432 miliar, dan telah disalurkan pada 35.750 KPM di 466 desa dari 15 kabupaten/kota se-Jatim. Diperkirakan hari ini pencairan akan mencapai sepuluh persen.
 
Dengan potensi maksimal BLT-DD Jatim yang mencapai Rp2,285 triliun dan akan dibagi untuk 1.265.845 KPM di 7.724 desa, kini desa yang sudah melakukan musyawarah desa (musdes), penetapan KPM penerima BLT-DD sudah mencapai 3.357 desa atau sebesar 43,8 persen.
 
Para penerima BLT-DD adalah mereka-mereka yang terdampak oleh covid-19, baik karena kehilangan mata pencaharian, belum terdata pada DTKS, atau memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis. Selain itu, mereka yang berhak menerima BLT-DD juga bukan merupakan keluarga penerima bantuan lain dari pemerintah seperti, PKH, BNPT, Prakerja dan Bansos Tunai lainnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif