Arsip Foto warga melintasi genangan banjir di Jalan Parangtritis, Donotirto, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Senin, 18 Maret 2019. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Arsip Foto warga melintasi genangan banjir di Jalan Parangtritis, Donotirto, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Senin, 18 Maret 2019. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Yogyakarta Selama Libur Akhir Pekan

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Antara • 28 Oktober 2020 16:26
Yogyakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta selama libur panjang akhir pekan. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), musim hujan bermula pada pertengahan Oktober 2020 dimulai dari bagian utara wilayah.
 
"Potensi hujan sedang hingga lebat berpotensi di sebagian besar wilayah DIY seiring sudah memasuki musim hujan di wilayah DIY bagian utara, tengah, dan barat," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Etik Setyaningrum, di Yogyakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Baca: Diancam Dibunuh, Ayah Kandung di Aceh Tega Perkosa Anaknya Sendiri

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan curah hujan di DIY rata-rata berkisar 50 sampai 150 milimeter (mm) per dasarian. Namun dua bulan mendatang curah hujan diprakirakan mencapai kriteria menengah sampai tinggi antara 300 sampai 500 mm per bulan.
 
"Curah hujan akan semakin meningkat dari November ke Desember," jelas Etik.
 
Dia mengimbau warga serta wisatawan yang berada di DIY mewaspadai potensi genangan, banjir, serta tanah longsor selama musim penghujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY telah menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) serta relawan yang tersebar di lima kabupaten/kota untuk memantau dan mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi selama musim penghujan.
 
"Dari sisi kesiapan sumber daya sudah kami siapkan termasuk peralatan-peralatan dan logistik," kata Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Danang Samsyu Rizal.
 


 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif