Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ketersediaan Tempat Tidur Hampir Penuh, Bandung Masuk Kondisi Darurat

Nasional Virus Korona covid-19 isolasi virus korona Protokol Covid-19
Roni Kurniawan • 26 November 2020 11:19
Bandung: Tempat tidur di beberapa rumah sakit dan hotel yang menjadi tempat isolasi pasien covid-19 di Bandung, Jawa Barat, terisi mencapai 90,37 persen. Hal tersebut membuat Bandung masuk kondisi darurat. 
 
"Tempat tidur diangka 90,37 persen dari 789 tempat tidur terisi 730," kata Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Kamis, 26 November 2020.
 
Ema menuturkan, keterisian tempat tidur di rumah sakit serta hotel yang menjadi rujukan karena meningkatnya kasus covid-19 di Bandung mencapai 623 orang. Bahkan dari jumlah tersebut, dalam satu hari terjadi penambahan 139 kasus pada Rabu, 25 November.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Covid-19 di Bandung Naik Pesat
 
"Kami sangat khawatir, karena ini tejadi lompatan kasusnya cukup tinggi dalam satu hari," tutur Ema.
 
Ema mengaku, saat ini ada sekitar 59 pasien yang menunggu giliran untuk mendapatkan perawatan di lokasi rujukan isolasi. Dia menilai, situasi tersebut membuat Bandung masuk kondisi darurat. 
 
"59 waiting list. Jadi ini masuk ke situasi yang cukup darurat Bandung ini," ucapnya.
 
Ema memerintahkan setiap kecamatan di Bandung menyediakan tempat isolasi, untuk merawat pasien covid-19. Khususnya untuk pasien tanpa gejala. 
 
"Pak camat bisa memanfaatkan kantor RW, tapi setelah ada rekomendasi petugas kesehatan karena harus ada standar," tukasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif