Pedagang di Pasar Ternak Kecamatan Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman sedang menurunkan sapi untuk dijual di pasar tersebut. (ANTARA/Aadiaat M.S)
Pedagang di Pasar Ternak Kecamatan Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman sedang menurunkan sapi untuk dijual di pasar tersebut. (ANTARA/Aadiaat M.S)

Pekan Depan, Hewan Ternak di Sumsel Mulai Divaksin PMK

Gonti Hadi Wibowo • 18 Mei 2022 17:10
Palembang: Sapi di Sumatra Selatan (Sumsel) bakal diberikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mulai pekan depan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap PMK pada hewan ternak terlebihsudah ada 10 sapi di Kota Lubuk Linggau yang terkonfirmasi terjangkit PMK.
 
"Rencananya pekan depan kita akan berikan vaksin terhadap sapi-sapi di Sumsel. Beberapa hari lagi vaksin akan dikirimkan ke Sumsel oleh pusat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel, Ruzuan Effendi, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Ruzuan mengatakan untuk saat ini vaksinasi yang diberikan kepada sapi di Sumsel masih terbatas jumlahnya. Nantinya jika vaksin telah tiba di Sumsel, maka akan dilakukan vaksinasi massal untuk hewan ternak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: PMK Merebak, Pemkab Padang Pariaman Tutup 2 Pasar Hewan
 
"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik. Untuk para peternak harus tetap mengontrol kesehatan hewan ternak dengan melakukan penyemprotan kandang dengan disinfektan," jelasnya.
 
Pihaknya juga akan memperketat kedatangan hewan ternak yang berasal dari luar Sumsel. Nantinya sapi yang didatangkan harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).
 
"Apabila tidak dilengkapi dengan surat tersebut maka sapi yang dikirimkan akan ditolak dan dipulangkan ke daerah asalnya," katanya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif