Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat -- istimewa
Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat -- istimewa

40 Pegawai Positif Covid-19, Gedung Sate Ditutup

Nasional Virus Korona
Roni Kurniawan • 30 Juli 2020 18:02
Bandung: Sebanyak 40 orang dinyatakan positif covid-19 di lingkungan Pemerintah Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung. Sebanyak 17 orang di antaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai biro di Gedung Sate.
 
"Bahwa betul di Gedung Sate ada yang terkonfirmasi positif sebanyak 40 orang tersebar di beberapa biro. Bahwa dari 40 orang ini sebetulnya yang PNS-nya kurang lebh 17, non-PNS 23," ujar Ketua Harian Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Setiawan menuturkan, 23 orang non-ASN yang dinyatakan positif di antaranya petugas keamanan, kebersihan dan staf di beberapa biro di Gedung Sate. Mayoritas yang terpapar korona merupakan warga Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian dari 40 ini, dari struktur tempat tinggal memang banyaknya ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan beberapa di Cimahi. Dari sisi usia, 40 persen dari 40 orang tadi usia 31-40 tahun, 30 persen 20-40 tahun dan sisanya menyebar diusia diatas 50 tahun dan 19 tahun," tutur Setiawan.
 
Baca:Pasien Covid-19 di Surabaya Bunuh Diri
 
Setiawan melanjutkan, tim gugus tugas tengah melacak kontak dengan yang terkonfirmasi positif, serta beberapa kegiatan di Gedung Sate termasuk kunjungan atau studi banding dari beberapa daerah. Pihaknya belum bisa memastikan sumber menyebarnya covid-19 di Gedung Sate.
 
"Gedung Sate selama AKB memang terbuka aksesnya, jadi banyak pengunjung yang hadir ke sini dan studi banding ke sini," ungkapnya.
 
Imbasnya, kata dia, Pemeritah Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menutup sementara seluruh area di Gedung Sate. Para ASN di lingkungan Gedung Sate kembali diberlakukan bekerja dari rumah.
 
"Hari ini ada surat edaran kita bekerja dari rumah, sejak tiga hari ini WFH dan disinfeksi ruangan-ruangan di Gedung Sate," terangnya.
 
Penutupan Gedung Sate diberlakukan selama 14 hari ke depan sejak Senin, 26 Juli 2020. Pihaknya belum bisa memastikan temuan 40 positif covid-19 di Gedung Sate merupakan klaster baru.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif