Situasi pasar Kebon Semai, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo
Situasi pasar Kebon Semai, Kota Palembang, Sumatra Selatan. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo

33 Pedagang Pasar Kebon Semai Palembang Positif Covid-19

Nasional Virus Korona
Gonti Hadi Wibowo • 30 Juni 2020 14:49
Palembang: Gugus Tugas Covid-19 Kota Palembang mencatat ada 33 pedagang pasar Kebon Semai Kota Palembang, Sumatra Selatan, positif covid-19. Dari 33 pedagang yang terpapar tersebut enam pedagang di antaranya telah dinyatakan sembuh.
 
"Informasi yang saya terima pada 26 Juni 2020 lalu ada 59 pedagang yang telah dilakukan swab tes. Hasilnya 33 orang positif dan enam di antaranya telah sembuh," kata Juru Bicara Covid-19 Kota Palembang, Yudhi Setiawan, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Baca: Karaoke dan Bioskop di Bandung Segera Buka Kembali

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yudhi mengatakan dari 33 pedagang yang terpapar korona didominasi Orang Tanpa Gejala (OTG). Pedagang yang positif tersebut sebagian besar diisolasi mandiri di rumah dan ada dirawat di rumah sakit maupun Wisma Atlet Palembang.
 
"Untuk anggota keluarga dari 33 pedagang itu telah kita ambil swab tes tetapi hasilnya belum keluar," jelasnya.
 
Saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kepolisian dan pihak kecamatan untuk melakukan pengawasan ketat terkait protokol kesehatan di pasar Kebon Semai.
 
Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Fauziah, mengatakan pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan mengunakan masker, jaga jarak, serta memakai tambahan Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield atau kacamata saat beraktivitas berbelanja di pasar.
 
"Seperti di pasar itu untuk jaga jarak sangat sulit sehingga diperlukan menambah face shield agar tidak menular dari hidung, mulut, dan mata," ujar Fauziah.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif