Ilustra--Penyaluran bantuan bagi warga penerima manfaat terdampak covid-19. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Ilustra--Penyaluran bantuan bagi warga penerima manfaat terdampak covid-19. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Penyaluran BLT-DD di Jepara tak Perlu Kehadiran Penerima

Nasional Virus Korona Bantuan Langsung Tunai
Rhobi Shani • 15 Mei 2020 15:43
Jepara: Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membuat perangkat desa bekerja ekstra. Untuk menghindari kerumunan, warga penerima manfaat tidak perlu datang ke kantor desa.
 
Kepala Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo, Ali Sohib, mengatakan, proses pencairan BLT DD hanya membutuhkan salinan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) untuk dibuatkan akun rekening bank.
 
“Warga tidak perlu datang ke balai desa, fotokopi KK dan KTP sudah ada petugas yang mengambil, lalu dikumpulkan di kecamatan, terus ke Dinsospermades untuk dibuatkan rekening bank,” ujar Sohib, Jumat, 15 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Kabupaten Aceh Besar Salurkan BLT-DD Tahap 1
 
Setelah buku rekening beserta kartu anjungan tunai mandiri (ATM) rampung, petugas akan mengantarkannya ke rumah masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM).
 
Hal yang sama juga dilakukan pemerintah Desa Langon Kecamatan Tahunan. Kepala Desa Langon, Suharto, menyampaikan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan salinan KK dan KTP dari warga KPM.
 
“Kalau penerima ada yang punya HP (handphone) yang bisa buat kirim foto, cukup kirim foto KK, KTP, dan nama ibu. Itu untuk membuat rekening, karena bantuan langsung disalurkan lewat rekening bank,” kata Suharto.
 
Metode yang sama juga dilakukan untuk penyaluran BLT yang bersumber dari Kementerian Sosial yang disalurkan lewat kantor Pos. Perangkat desa mengantar langsung surat pengambilan uang di kantor pos ke rumah-rumah penerima.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif