Pembagian kartu pengambilan paket sembako di kantor Balai Desa Langon. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Pembagian kartu pengambilan paket sembako di kantor Balai Desa Langon. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Jepara Buat Penyaluran Bansos Terjadwal Cegah Kerumunan

Nasional Virus Korona bansos
Rhobi Shani • 14 Mei 2020 16:46
Jepara: Sebanyak 77.719 warga Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menerima bantuan nontunai dampak pandemi virus korona dari pemerintah pusat. Guna mencegah kerumunan, penyaluran bantuan dilakukan terjadwal menggunakan kartu khusus.
 
Kepala Desa Langon Kecamatan Tahunan, Suharto, mengatakan, pemerintah desa bertugas dalam hal distribusi. Pembagian sembako dibagi ke dalam tiga sesi.
 
“Tiap RT sudah ada waktunya sendiri-sendiri, itu untuk mengurangi kerumunan di kantor Balai Desa,” ujar Suharto, Kamis, 14 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain pembagian waktu, warga yang menerima bantuan pun wajib mengenakan masker saat pengambilan sembako. Pun tidak diizinkan membawa anak-anak dan bayi di bawah lima tahun.
 
Baca juga:DIY Kewalahan Menyediakan Ruang Isolasi
 
“Kursi juga kami tata diberi jarak antara satu dengan lainnya,” sambung dia.
 
Hal yang sama juga dilakukan dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) melalui kantor pos. Pengambilan bantuan sudah terjadwal.
 
Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Urip Budi Utomo, mengatakan, warga penerima BLT melalui kantor pos sebanyak 10.583 kepala keluarga. Sementara penerima bantuan BLT yang ditransfer melalui rekening bank sebanyak 2.082 kepala keluarga.
 
“Tiap-tiap desa sudah diberikan imbauan untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi kerumunan saat penyaluran,” sambung Urip.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif