Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggembok kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya. (Dok.)
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggembok kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya. (Dok.)

Pemkot Bandung Godok Raperda Derek Kendaraan

Nasional parkir liar
Roni Kurniawan • 14 Februari 2020 12:40
Bandung: Pemerintah Kota Bandung sedang menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Derek sebagai upaya penertiban kendaraan. Bahkan Pemkot Bandung kini tengah melakukan kajian ke Jakarta sebelum Raperda Derek disahkan.
 
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan Raperda Derek saat ini masih terus diproses oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung bersama bagian hukum. Oded ingin Raperda Derek bisa sesuai dengan misi untuk mewujudkan Bandung tertib berlalu lintas termasuk kawasan parkir.
 
"Perda itu masih proses, masih harus kajian ke Jakarta. Kita ingin penertiban, kan kita ingin Bandung ini rapi, bersih. Nah ini bagian dari upaya-upaya itu dengan aturan (Perda Derek)," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 14 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raperda Deret tersebut mengatur tentang larangan pakir atau parkir liar di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung. Sanksi pun telah disiapkan, untuk kendaraan roda dua, pelanggar harus membayar denda Rp245 ribu sekali tindakan dan biaya inap Rp136 ribu per malamnya.
 
Sementara roda empat, pelanggar harus membayar denda Rp525 ribu sekali tindakan dan biaya inap Rp304 ribu per malam.
 
Sedangkan untuk kendaraan lebih dari roda empat, pelanggar harus membayar Rp1 juta satu kali tindakan dan membayar biaya inap Rp124 ribu per malamnya.
 
Oded pun menargetkan aturan tersebut untuk ditetapkan tahun ini Dishub Kota Bandung pun diminta untuk terus melakukan kajian guna menyempurnakan Raperda Derek.
 
"Saya meminta kepada jajaran di Dishub harus dikejar, diprogres oleh mereka. Harusnya tahun tahun ini, secepatnya saya sudah minta," pungkas Oded.
 

 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif