NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Papua Terkendala Terima Hasil Sampel PDP

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 20 Maret 2020 23:05
Jayapura: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Papua mengaku kesulitan menerima hasil sampel darah bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Badan Laboratorium Kesehatan (Badan Labkes), Kementerian Kesehatan.
 
Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, mengatakan pihaknya mencurigai ada penumpukan sampel PDP di Badan Labkes sehingga ada beberapa daerah yang hingga kini belum mendapatkan hasil dari sampel yang dikirim.
 
"Saya berpikir begitu. Karena hampir semua daerah sudah mengirimkan sampel PDP-nya termasuk kita di Papua. Saya berharap, sampel yang kami kirim itu bisa sesegera diketahui hasilnya," kata Silwanus saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada masalah, bagaimana kami mengambil sampel, mengemas (sampel) dan dikirim ke Jakarta. Apakah persoalan selesai? Tidak, sampai di Jakarta, ada ribuan sampel PDP yang diperiksa. Ini kendala kami untuk cepat mendapatkan hasil,” kata Silwanus, Jumat, 20 Maret 2020 di Jayapura.
 
Kata Silwanus, dirinya sudah membangun komunikasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) dan juga Badan Labkes untuk bagaimana pihaknya bisa melakukan test sampel sendiri di Papua tanpa harus mengirimnya ke pusat.
 
“Ada empat syarat agar bisa dilakukan test di daerah yaitu pertama, petugas yang mempuyai kopentensi melakukan pemeriksaan sampel, medianya (sampel), fasilitas (alat kesehatan), dan juga manajemen pengelolaan sampel. Kita tidak bisa sembarang melakukan test sampel. Saya berharap ada intruksi soal ini,” ujarnya.
 
Selain itu, kata Silwanus, pihaknya juga terkendala alat FTM (Fluid Thioglycollate Medium atau media kompleks universal untuk isolasi).
 
“Awalnya kami mengalami keterbatasan FTM, tetapi sudah ada dan kami baru mendistribusikan ke RS rujukan yang tersebar di beberapa kabupaten di Papua,” katanya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif