NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Urus Dokumen Kependudukan di Gowa Melalui WhatsApp

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 19 Maret 2020 20:26
Makassar: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Masyarakat saat ini bisa mengurus administrasi kependudukan melalui media sosial.
 
Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Gowa, Ambo, mengatakan bahwa kebijakan itu dilakukan seiring dengan surat edaran Bupati Gowa, untuk mengurangi kegiatan yang mengumpulkan banyak orang demi memutus penyebaran virus korona.
 
"Bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan sifatnya sangat dibutuhkan dan mendesak, cukup ajukan permohonan dari rumah dengan menghubungi nomor layanan WhatsApp," kata Ambo di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ambo menjelaskan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dokumen kependudukan untuk sementara tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil, cukup menghubungi call centre yang telah disiapkan.
 
Ada 20 call center yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di 18 kecamatan, sisanya untuk call centre berbeda seperti layanan pengaduan data belum aktif pada BPJS, perbankan dan layanan penerbitan KTP-el.
 
Kebijakan yang dikeluarkan Disdukcapil Gowa ini terhitung mulai 17 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Sementara proses pelayanan melalui Whatsapp dapat dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WITA, setiap hari kerja.
 
Layanan pengurusan dokumen kependudukan melalui akun WhatsApp ini diperuntukkan untuk pengurusan yang sifatnya sangat dibutuhkan dan mendesak. Untuk yang sifatnya tidak mendesak diimbau agar menunda dahulu.
 
"Pengurusan lewat WhatsApp yaitu cukup ajukan permohonan dari rumah dengan menghubugi nomor layanan yang telah ditentukan masing-masing kecamatan dan mengirimkan ke kami berkas-berkas sebagai persyaratan, kami kemudian akan mencetak salinan dokumen yang dikirimkan," jelasnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif