Komisi VIII Janji Bantu Desa Panakukkang Bebas Banjir

Anggi Tondi Martaon 17 April 2018 15:59 WIB
berita dpr
Komisi VIII Janji Bantu Desa Panakukkang Bebas Banjir
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang yang memimpin Kunjungan Kerja Komisi VIII ke Kampung Siaga Bencana, di Desa Panakukkang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Foto:Dok.DPR)
Gowa: Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, kerap menjadi langganan banjir setiap tahun. Bahkan jika banjir melanda, ketinggian air bisa mencapai dua meter.

Menurut pemerintahan Desa Panakukkang, salah satu penyebab utama banjir karena daerah kawasan tersebut berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menyempit. Oleh karenanya, pejabat Desa Panakukkang meminta bantuan Komisi VIII DPR RI untuk membantu mengatasi permsalahan tersebut.

Menanggapi permintaan tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang yang memimpin Kunjungan Kerja Komisi VIII ke Kampung Siaga Bencana (KSB) di dusun tersebut, berjanji akan membantu membicarakan dengan kementerian terkait.


“Kehadiran kami di sini memang untuk yang keempat kalinya. Karena wilayah ini masih juga mengalami banjir, maka Komisi VIII tetap berkunjung dan tentunya akan mencarikan solusi agar dusun-dusun di Desa Panakukkang dan sekitarnya tidak lagi mengalami banjir,” kata Marwan dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 April 2018.

Politikus PKB itu mengungkapkan, aspirasi masyarakat Desa Panakukkang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah, sehingga pemerintah bisa melakukan berbagai langkah untuk mengatasi banjir di desa tersebut.

“Saya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial provinsi dan kabupaten. Akan kita sambungkan dengan program pemerintah supaya bencana tahunan ini bisa kita hilangkan,” ucapnya, di hadapan masyarakat KSB.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI Budiman Sudjatmiko yang turut dalam kunjungan tersebut menyarankan kepada Kepala Desa Panakukkang agar menganggarkan dana desa untuk mengatasi masalah tersebut. 

Politikus PDI Perjuangan ini mengakui, dana desa yang diterima tidak akan cukup menormalisasi DAS. Tapi, setidaknya Desa Panakukkang sudah melakukan upaya untuk meminimalkan banjir.

"Sebelum datangnya program dari pemerintah untuk normalisasi sungai, paling tidak dana desa yang disisihkan ini untuk mengurangi musibah banjir yang datang setiap tahun," ujarnya.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id