Karung Pasir diletakkan di pinggir talud antisipasi longsor
Karung Pasir diletakkan di pinggir talud antisipasi longsor

Cegah Longsor, BPBD Pasang Karung Pasir di Talud Sungai

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Patricia Vicka • 09 Januari 2020 17:07
Yogyakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta bersiaga untuk menghadapi potensi bencana longsor dan banjir akibat cuaca ektrem. Salah satu langkah yang ditempuh adalah memasang karung pasir di pinggir talud sungai.
 
Kepala BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi menjelaskan pihaknya sudah memasang 300 karung pasir di salah satu talud Sungai Winongo di Kelurahan Notoprajan. Talud tersebut retak dan menyebabkan longsor di bantaran sungai.
 
"Longsor terjadi pada Jumat kemarin. Kami pasang kantong pasir dan ditutupi dengan terpal agar longsor tak meluas," ujar Hari pada medcom.id melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Kamis 9 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Longsor yang terjadi pada Jumat kemarin, lanjut Hari membuat lima rumah terdampak. Dua kepala keluarga sempat mengungsi.
 
Pemasangan karung pasir merupakan salah satu mitigasi darurat bencana longsor yang bisa dilakukan oleh BPBD pada talud di sungai. Ia menjelaskan selama musim hujan potensi bencana tanah longsor biasa muncul pada daerah di sekitar sungai. Longsor ini dapat merusak rumah warga yang berada di bawahnya.
 
BPBD Kota Yogyakarta turut membuka posko penanganan bencana yang terletak di kantor BPBD Kota Yogyakarta. Posko dipersiapkan menjadi tenda pengungsian jika terjadi banjir besar. Selain itu ada juga sekitar 3.000an relawan bencana yang siap membantu evakuasi jika terjadi bencana.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif