Ilustrasi sejumlah pedagang sapi di Jalan Aditywarman, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 4 Agustus 2018. (Medcom.id/Amal).
Ilustrasi sejumlah pedagang sapi di Jalan Aditywarman, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 4 Agustus 2018. (Medcom.id/Amal).

Antisipasi Hewan Liar, Warga Gunungkidul Pindahkan Ternak

Nasional hewan ternak
Ahmad Mustaqim • 30 Juli 2019 18:34
Gunungkidul: Warga di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai memindahkan ternak yang berkandang jauh dari rumah. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan hewan liar yang kerap memangsa ternak.
 
Kepala Seksi Pemerintahan Desa Purwodadi, Suyanto, mengatakan pemindahan ternak sudah dilakukan dalam beberapa pekan terakhir. Ia mengatakan, ternak warga sudah dibawa pulang atau ditempatkan di dekat rumah.
 
"Jumlahnya ada ratusan ternak warga yang semula ditempatkan di ladang dan dibawa ke rumah," kata Suyanto saat dihubungi, Selasa, 30 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suyanto menjelaskan warga harus menjalani dua kali kerja saat ternak berada di dekat rumah. Setelah dari ladang, warga harus mencari pakan ternak. Berbeda jika ternak ditempatkan jauh dari rumah.
 
"Kalau ternak warga yang masih di (dekat) ladang biasanya harus memperbaiki keamanan kandang. Warga juga perlu melakukan ronda," beber Suyanto.
 
Suyanto mengatakan pemindahan ternak cukup efektif menghindari serangan hewan liar. Ia mengatakan, serangan hewan liar pada 2017 menimbulkan 80 ekor kambing warga tewas.
 
Setahun berselang, setelah diantisipasi menjadi hanya sembilan ekor kambing yang jadi korban. "Untuk sementara belum ada (laporan) ternak yang jadi korban hewan liar," ujarnya.
 
Sekretaris Camat Girisubo, Arif Yahya menambahkan, wilayahnya menjadi salah satu titik rawan serangan hewan liar terhadap ternak warga. Kondisi ini biasa terjadi saat musim kemarau.
 
Ia mengimbau warganya bisa melakukan antisipasi, termasuk ronda saat malam hari. "Musim kemarau seperti ini ancaman untuk ternak meningkat," kata Arif.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif