Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Gubernur jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Provinsi Jateng Waspadai Intoleransi Saat Pilkada

Nasional Pemilu Serentak 2020
Mustholih • 27 Desember 2019 15:03
Semarang: Masyarakat diminta tetap menjaga kerukunan antar umat beragama pada Pemilihan Kepala Daerah 2020 serentak di Provinsi Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan masalah kerukunan masih menjadi tantangan bagi warganya pada 2020.
 
"Paling substantif hari ini kita butuh kerukunan, karena 2020 ada Pilkada Serentak di 21 daerah. Isu itu biasanya keluar di Pilkada. Saya juga heran, kalau mau ada Pemilihan isu semrawut itu muncul lagi," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 27 Desember 2019.
 
Pada musim Pilkada serentak nanti, menurut Ganjar, kerja sama ulama dan umara punya peran penting dalam menekan isu intoleran di Jateng. Setiap kandidat Kepala Daerah diminta mengedepankan adu program pada kampanye nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadi sudah dikatakan kalau watak asli kita adalah rukun," ujar Ganjar menegaskan.
 
Ganjar berujar Pemerintah Provinsi dan Kepolisian sudah memetakan daerah rawan intoleransi di Pilkada serentak 2020. Namun, Ganjar tidak mengungkap detail daerah-daerah rawan intoleransi.
 
"Yang dipilih nanti itu ya satu, setelah itu bersaudara lagi. Contohnya sudah ada. Begitu Pak Jokowi dipercaya masyarakat, Pak Prabowo mau menjadi menteri. Ketika sudah bersatu, orang yang tidak suka akan memisahkan diri sendiri," jelas Ganjar.
 
Selain tantangan intoleransi, kata Ganjar, ketidakpastian ekonomi global juga menjadi tantangan masyarakat Jateng. Ganjar mengatakan ekonomi dunia saat ini masih belum stabil. "Ekonomi dunia belum baik. Ini juga tantangan kita di 2020. Jika kita bisa menjaga harmoni dengan baik, lompatan sosial, ekonomi, dan budaya akan terjadi di Jawa Tengah," ungkap Ganjar seraya menyatakan setahun belakangan banyaknya perusahaan yang berpindah ke Jawa Tengah bisa menjadi modal untuk lompatan sosial.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif