Focus Group Discussion dengan tema Evaluasi Pemanfaatan Dana Desa Bidang Ekonomi di Daerah Tertinggal, Selasa, 30 Oktober 2019.
Focus Group Discussion dengan tema Evaluasi Pemanfaatan Dana Desa Bidang Ekonomi di Daerah Tertinggal, Selasa, 30 Oktober 2019.

Dana Desa Bisa untuk Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

Nasional dana desa
Medcom • 30 Oktober 2019 13:40
Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menegaskan pentingnya percepatan pembangunan, peningkatan sarana dan prasarana ekonomi desa di daerah tertinggal. Salah satu caranya yaitu dengan pemanfaatan dana desa.
 
Kepala Pusat Data dan Informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ivanovic Agusta menyebut pembangunan desa berkolerasi 67 persen terhadap hasil pembangunan daerah tertinggal. Menurutnya, hubungannya sangat signifikan antara pembangunan desa dan pembangunan daerah tertinggal.
 
“Dana desa menjadi salah satu upaya yang perlu dioptimalkan dalam pembangunan daerah tertinggal," kata Ivanovic saat Focus Group Discussion dengan tema Evaluasi Pemanfaatan Dana Desa Bidang Ekonomi di Daerah Tertinggal, Selasa, 30 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ivanovic, selain dana desa, strategi yang bisa dikembangkan adalah fungsi koordinasi dan kerja sama dengan pihak lain seperti lintas Kementerian dan Lembaga, termasuk dengan Pemerintah Daerah.
 
Selai itu, Ivanovic menyebut perlua adanya evaluasi untuk lebih memfokuskan program pembangunan desa di daerah tertinggal dengan cara mengubah strategi dan memformulasikan kelembagaan fungsi kelembagaan.
 
"Salah satu opsinya, untuk pembangunan desa di daerah tertinggal perlu mengoptimalkan peran dan fungsi Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal agar pembangunan daerah tertinggal lebih fokus dan holistik, pungkas Ivanovic.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif