Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw. Medcom.id/Roy Ratumakin
Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw. Medcom.id/Roy Ratumakin

Pengawasan Dana Desa di Kabupaten Jayapura Secara Daring

Nasional dana desa
Roylinus Ratumakin • 28 November 2019 15:23
Jayapura: Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap pengelolaan dan alokasi dana desa berbasis teknologi informasi serta penggunaan dan pelaporan secara daring (online).
 
"Dana yang turun (dialokasikan) ke Desa dapat dimonitor dengan baik. Dinas Kominfo sedang melakukan pelatihan kepada para admin (pengelola akun daring) Desa agar memahami tugas dan fungsi mereka," kata Awoitauw di Jayapura, Kamis, 28 November 2019.
 
Sistem pengawasan berbasis teknologi informasi tersebut berbentuk aplikasi android. Sistem itu juga dapat dimanfaatkan setiap instansi daerah dalam mengawasi pengelolaan anggaran mereka di setiap kampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti sistem (penerimaan) pendapatan asli daerah melalui pajak, bapenda (badan pendapatan daerah) sudah punya. Pemasukan (pungutan pajak) dari setiap toko, kios, warung, dan hotel dapat dipantau setiap saat," jelas Awoitauw.
 
Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan, pengawasan terhadap dana desa diperketat mulai tahun depan.
 
"Semua (penggunaan anggaran) akan disandingkan (dicek) dengan APBK (anggaran pendapatan dan belanja kampung) online. Datanya (terintegrasi) hingga ke pemerintah pusat. Ketika ada item (penggunaan anggaran) tidak tercantum dalam APBK, laporannya akan ditolak oleh sistem (daring)," kata Elisa.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif